Simulasi Code Red dan Code Blue di RSGM Nala Husada


Dalam rangka kesiapsiagaan dalam penanganan bahaya Code Red dan bahaya Code Blue di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM), Bagian Material / Usaha Yayasan Nala bersama Manajemen RSGM Nala Husadamelaksanakan simulasi Code Red dan Code Blue pada Jum’at (26/07/2019). Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada tenaga medis dan tenaga non medis di RSGM Nala Husada tentang Code Red dan Code Blue, dengan harapan agar mampu menerapkan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di Rumah Sakit.

Code Red (Kode Merah) merupakan kode yang menunjukkan adanya bahaya kebakaran, sehingga dapat segera mungkin melakukan evakuasi dan pemadaman api agar kobaran api tidak melebar luas. Sedangkan Code Blue (Kode Biru) merupakan kode yang menunjukkan terdapat pasien yang membutuhkan resusitasi atau membutuhkan pertolongan medis, paling sering sebagai akibat dari serangan pernapasan atau serangan jantung.

Pada umumnya terdapat 8 (delapan) kode kedaruratan di Rumah Sakit, yaitu Kode Biru (Code Blue) kode untuk Kegawatan Resusitasi; Kode Kuning (Code Yellow) kode untuk Kedaruratan Masal; Kode Merah (Code Red) kode untuk Kebakaran; Kode Hitam (Code Black) kode untuk Ancaman Pembunuhan; Kode Ungu (Code Purple) kode untuk Evakuasi; Kode Abu-Abu (Code Grey) kode untuk Kehilangan; Kode Merah Muda (Code Pink) kode untuk Penculikan Bayi; dan Kode Oranye (Code Orange) kode untuk Ancaman Bom.